sambutan

selamat datang sahabat.....

Senin, 31 Desember 2012

Persiapan Laporan Akuntansi Badan Layanan Umum Daerah RSUD Bangkinang


Perkembangan ekonomi dan dunia usaha telah menimbulkan persaingan yang makin tajam, demikian halnya dengan industri pelayanan kesehatan sebagai dampak kemajuan teknologi bidang kesehatan menuntut pembiayaan dan investasi yang sangat mahal, sementara itu kemampuan pemerintah dalam membiayai pelayanan kesehatan masyarakat semakin terbatas. Oleh karena itu perlu memberikan otonomi dengan ruang gerak yang lebih leluasa bagi rumah sakit dan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, sekaligus diharapkan BLU rumah sakit dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

Dalam rangka upaya tersebut perlu dilakukan penataan kembali secara administratif maupun dalam pengelolaan keuangan, agar kekayaan negara yang tertanam di rumah sakit dapat dipergunakan secara lebih optimal. Sebagai salah satu upaya agar rumah sakit dapat beroperasi dengan lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, maka perlu diberikan status BLU rumah sakit yang berorientasi kepada usaha pelayanan kepada masyarakat yaitu dalam bentuk Badan Layanan Umum (BLU). Diharapkan dengan status tersebut pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik dan mutu pelayanan kesehatan dapat meningkat, di samping itu kemandirian BLU rumah sakit dalam pemupukan dan pengelolaan sumber daya dapat lebih ditingkatkan.
RSUD Bangkinang berstatus sebagai Badan Layanan Umum Daerah dengan Surat Keputusan Bupati Kampar nomor 060/ORG/303/2011 tentang Penetapan RSUD Bangkinang sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Kampar yang Menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Secara Penuh. Surat Keputusan ini berlaku efektif terhitung 1 Januari 2012.
Peningkatan kebutuhan masyarakat atas pelayanan kesehatan yang diberikan BLU rumah sakit, menuntut manajemen BLU rumah sakit untuk bekerja secara profesional. Selain itu, walaupun sumber daya yang tersedia sangat terbatas BLU rumah sakit tetap diharuskan untuk dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien.
Sebagai ciri khusus dari usaha jasa pelayanan kesehatan di BLU rumah sakit adalah sulitnya meramalkan kebutuhan pelayanan, baik jenis, jumlah maupun mutu pelayanan yang diperlukan masyarakat. Sementara itu, di sisi lain BLU rumah sakit dituntut untuk selalu siap dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu, penyediaan sarana dan prasarana, tenaga serta dana yang dibutuhkan harus selalu siap dalam rangka mendukung pelayanan.
Di sisi lain dalam pengelolaan sumber daya, BLU rumah sakit juga dituntut untuk dapat menyajikan data dan informasi yang akurat, tersaji secara tepat waktu bagi kepentingan pihak-pihak yang memerlukan. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan sumber daya di bidang keuangan, meliputi transaksi keuangan yang mencakup sumber daya, pendapatan dan beban, maka diperlukan sarana dalam bentuk laporan keuangan.
Laporan Keuangan BLU rumah sakit disusun dengan tujuan untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan. Selain itu laporan keuangan BLU rumah sakit juga dapat dipergunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan. Suatu laporan keuangan akan bermanfaat apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut dapat dipahami, relevan, andal dan dapat diperbandingkan. Perlu diketahui bahwa laporan keuangan tidak menyediakan semua informasi yang mungkin dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan BLU rumah sakit, karena secara umum laporan keuangan hanya menggambarkan pengaruh keuangan dari kejadian masa lalu, dan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi non-keuangan. Walaupun demikian, dalam beberapa hal BLU rumah sakit perlu menyediakan informasi non-keuangan yang mempunyai pengaruh keuangan di masa depan.

Tujuan Laporan Keuangan
a.    Laporan Keuangan bertujuan untuk menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan (pengguna laporan keuangan) dalam pengambilan keputusan ekonomi yang rasional, seperti:
1)    Pemberi bantuan (donatur);
2)    Investor;
3)    Kreditur;
4)    Otoritas pengawasan;
5)    Pemerintah; dan
6)    Masyarakat.

b.    Pihak pengguna laporan keuangan BLU rumah sakit memiliki kepentingan bersama dalam rangka menilai:
1)    Jasa yang diberikan oleh BLU rumah sakit dan kemampuan-nya untuk terus memberikan jasa tersebut; dan
2)    Cara manajemen BLU rumah sakit melaksanakan tanggung jawabnya dan aspek lain dari kinerja mereka.

c.    Informasi yang bermanfaat dapat disajikan dalam laporan keuangan antara lain, meliputi informasi mengenai :
1)     Jumlah dan sifat aset, kewajiban, dan ekuitas BLU rumah sakit;
2)    Pengaruh transaksi, peristiwa, dan situasi lainnya yang mengubah nilai dan sifat Ekuitas;
3)    Jenis dan jumlah arus masuk dan arus keluar sumber daya dalam satu periode dan hubungan antara keduanya ;
4)    Cara BLU rumah sakit mendapatkan dan membelanjakan kas, memperoleh pinjaman dan melunasi pinjaman, dan faktor lainnya yang berpengaruh pada likuiditasnya; dan
5)    Usaha jasa pelayanan BLU rumah sakit.

d.    Laporan Keuangan juga merupakan sarana pertanggungjawaban manajemen atas penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.

RSUD Bangkinang mempersiapkan laporan keuangan setelah satu tahun menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) secara penuh dengan mendatangkan konsultan yang berpengalaman dalam pengelolaan laporan keuangan Badan Layanan Umum yaitu dari RSUD Pasar Rebo, Jakarta, Bapak Jaenuri, SE. RSUD Bangkinang menggunakan konsultan yang sama sejak mempersiapkan RSUD Bangkinang sebagai Badan Layanan Umum. Diharapkan adanya konsistensi bimbingan terhadap tim manajemen RSUD Bangkinang. Bimbingan dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 Desember 2012.
Selain mendapatkan bimbingan dari tenaga tekhnis yang berpengalaman, RSUD Bangkinang juga menggandeng BPKP Perwakilan Propinsi Riau untuk memberikan bimbingan pembuatan laporan keuangan. Bimbingan tim BPKP Perwakilan Propinsi Riau dilaksanakan pada tanggal 19, 26 dan 27 Desember 2012.
Penghitungan aset tetap masih menggunakan data penghitungan aset tahun 2011 oleh konsultan Kantor Jasa Penilai Publik Samsul Hadi, Wahyono Adi, Hendra Gunawan & Rekan. Setelah pindah ke rumah sakit di lokasi baru direncanakan penghitungan ulang nilai aset tetap.
Penghitungan aset lancar dilakukan dengan kegiatan stok opname yang dilaksanakan secara serentak di RSUD Bangkinang pada tanggal 30 Desember 2012. Kegiatan stok opname ini merupakan pertama kali dilaksanakan di RSUD Bangkinang. Tim yang terdiri dari direktur, kepala bidang pelayanan, satuan pengawas internal, kepala seksi akuntansi, kepala seksi pelayanan medik dan penunjang medik, kasubbag rumah tangga, kepala instalasi farmasi beserta seluruh staf instalasi farmasi, kepala instalasi rawat jalan, kepala instalasi gizi, kepala ruangan di semua unit beserta staf pendukung di setiap instalasi dan unit serta tim SIM RS. Keseluruhan tim berjumlah 79 orang dan yang hadir 71 orang. Anggota tim yang tidak dapat hadir karena cuti atau kegiatan lain, medelegasikannya kepada petugas piket di ruang tersebut. Secara keseluruhan kegiatan ini terlaksana dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala seperti SIM RS masih membutuhkan perbaikan data sehingga input data memerlukan waktu yang lebih lama. Kegiatan stok opname ini sekaligus untuk meningkatkan fungsi SIM RS yang selama ini belum berfungsi dalam akuntansi.
Aset tidak berwujud adalah aset non-moneter yang dapat diidentifikasi dan tidak mempunyai wujud fisik serta dimiliki untuk digunakan dalam menghasilkan atau menyerahkan barang atau jasa, disewakan kepada pihak lainnya, atau untuk tujuan administratif. Aset tidak berwujud harus memiliki karakteristik sebagai berikut :
a)    Dapat diidentifikasi dan tidak mempunyai wujud fisik;
b)    adanya pengendalian sumber daya; dan
c)    adanya manfaat ekonomis di masa depan.  
Aset tidak berwujud masih belum ada di RSUD Bangkinang karena belum dilaksanakannya kegiatan riset dan kegiatan pengembangan lainnya. Aset lainnya adalah aset BLU selain aset lancar, investasi jangka panjang, dan aset tetap, yang terdiri atas :
1)    Aset kerjasama operasi (KSO);
2)    aset Sewaan;
3)    aset yang tidak digunakan;
4)    beban yang ditangguhkan;
5)    dan sebagainya.

Keseluruhan aset ditampilkan menjadi neraca keuangan yang membandingkan tahun 2012 dan tahun 2011. Persiapan laporan akuntansi dilaksanakan oleh Bapak Gafar, SKM selaku kepala seksi akuntansi RSUD Bangkinang dengan bimbingan dan bantuan Bapak Jaenuri, SE. Diharapkan laporan yang dihasilkan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah.

Literatur:
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor 1981/MENKES/SK/XII/2010 tentang  Pedoman Akuntansi Badan Layanan Umum (BLU) Rumah Sakit. 

24 komentar:

  1. oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassescanada.com/
    timberland boots, http://www.timberlandboots.name/
    canada goose outlet, http://www.canadagoose.us.org/
    cheap wedding dresses, http://www.cheap-weddingdresses.net/
    michael kors outlet, http://www.michaelkorsoutletusa.net/
    beats by dr dre, http://www.beatsbydrdre-headphones.us.com/
    tiffany jewellery, http://www.tiffanyjewelleryoutlets.co.uk/
    pandora jewelry, http://www.pandora.eu.com/
    ralph lauren uk, http://www.ralphlauren-outletonline.co.uk/
    air max 90, http://www.airmax90.us.com/
    calvin klein underwear, http://www.calvinklein.in.net/
    michael kors outlet online, http://www.michaelkorsoutletonline.in.net/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.com.au/
    prada shoes, http://www.pradashoes.us/
    basketball shoes, http://www.basketballshoes.us.com/
    ugg boots, http://www.uggboot.com.co/
    hogan, http://www.scarpehogan-outlet.it/
    mcm outlet, http://www.mcm.in.net/
    michael kors wallet, http://www.michaelkorswallet.net/
    chanel outlet, http://www.chaneloutletstore.us.com/
    cheap nhl jerseys, http://www.nhljerseys.us.com/
    louis vuitton bags, http://www.louisvuittonbag.us.com/
    ray ban sunglasses, http://www.raybansunglass.co.uk/
    cheap jordans, http://www.cheapjordanshoes.in.net/
    ray ban sunglasses, http://www.ray-bansunglassess.in.net/
    2015919caihuali

    BalasHapus
  2. You can bookmark our website for Fresh Content. https://pinoyflix.net/ first drama site to release the latest episodes of All new Dramas

    BalasHapus
  3. first drama site to release the latest episodes of All new Dramas
    kissasiane.com/


    BalasHapus
  4. Watch Asian Drama , Kshows, drama Asian Online for free releases in Korean, Taiwanese, Hong Kong, Thailand and Chinese with Eng sub on DramaCool
    DramacoolKissasian is a free streaming website to watch English Subbed and Dubbed Asian online.
    dramacoolkissasian.com

    BalasHapus
  5. I see something genuinely special in this site.https://astroriaonline.com/

    BalasHapus
  6. I Like your post its very great and usefull for all the visitors Thank you for share such a great post keep it up. thekissasian.net

    BalasHapus
  7. Mykshow123 Watch Asian Drama, drama asian Online free releases in Korean, Taiwanese, Hong Kong,Thailand and Chinese with English sub.
    Dramacool is the best platform offering you a good selection of dramas and kshow123.
    www1.mykshow123.com

    BalasHapus
  8. You can bookmark our website for all latest episodes.You can watch all your favorite drama serials,movies and Kshows at our website https://dramacool1.com/

    BalasHapus
  9. nice information thanks for sharing this useful content kdramahood.ru

    BalasHapus
  10. Pinoy Channele bringing you best videos from all over Filipino entertainment, sports,
    news, politics, technology, music, covering all Latest Tv Replay Show of pinoyflix.

    BalasHapus
  11. Please keep in mind that we are not official owners of every video posted on our site Pinoy Lambingan. All the videos you will see on our site are also available on other video streaming sites such as YouTube. However, one of the reasons why Filipinos love our site is because we provide high-quality videos of Pinoy Tambayan and GMA network. The quality of our videos can definitely satisfy the needs of every Filipino viewer.So, if you are looking for the best website where you can enjoy watching free pinoy TV shows online – Pinoy Tv is without a doubt your ideal option!

    BalasHapus
  12. All the videos you will see on our site Pinoy TV are also available on other video streaming sites such as YouTube.

    BalasHapus
  13. People can watch their favorite shows on the Pinoy Lambingan. on the official sites and post on Super Quality. The Lambingan.Tv Shows Channel is a place to get away from all the boring TV shows.

    BalasHapus
  14. Kepala Bergetar Tonton Malay Drama Cerekarama Live Episod Melayu, Pencuri Movie, dfm2u, gempak myflm4u download Layanon9 Filem Telemovie Epi.

    BalasHapus
  15. The discussion is very usefull and very interesting and knowledge full keep discussion on it was also great for MyDramacool User. Thank You.

    BalasHapus
  16. The discussion is very usefull and very interesting and knowledge full keep discussion on it was also great for Kissasian User. Thank You.

    BalasHapus
  17. So Ju Yeon, Seo Ji Hoon, Kim Min Kyu, Kang Hye Won, and Yoon Hyun Soo will be starring in the upcoming drama “Seasons of Blossom” (working title)! KissAsian Earlier this week, YTN News reported that So Ju Yeon and Seo Ji Hoon will be leading the webtoon-based youth drama “Seasons of Blossom.”

    BalasHapus
  18. Tonton Kepala Bergetar Watch Videos Melayu Drama Pencuri Movies Astro Ria Tv3 Drama Myinfotaip Live Episod Dfm2u Terkini Update.

    BalasHapus
  19. Kepala Bergetar Drama Melayu Episod DFM2U Pencuri Movie, Tonton drama Melayu Astro Ria Episod TV3 Online Drama Download Free Malay drama.

    BalasHapus