sambutan

selamat datang sahabat.....

Sabtu, 02 Juni 2012

Analisis Jalur dengan Structural Equation Modeling (SEM)


SEM merupakan alat analisis statistik yang semakin populer dewasa ini. Pada tahun 1950-an SEM sudah mulai dikemukakan oleh para ahli statistik yang mencari model yang dapat menjelaskan hubungan diantara variabel-variabel. Dalam ilmu-ilmu sosial banyak variabel yang bersifat laten, seperti motivasi seseorang, komitmen, kesetiaan pelanggan dan lainnya.
Variabel-variabel tersebut baru bisa diukur dengan sejumlah indikator (variabel manifes) dan hubungan diantara keduanya serta antar variabel laten memunculkan model yang membutuhkan alat analisis lanjutan untuk menyelesaikannya. Variabel laten disebut pula dengan istilah unobserved variable, konstrak atau konstrak laten. Variabel manifes disebut pula dengan istilah observed variable, measured variable atau indikator (Santoso,2011:1,7).
Menurut Hair (1995) sebagaimana dikutip Yamin & Kurniawan  (2009:5–6) konstrak adalah konsep yang membuat peneliti mendefinisikan ketentuan konseptual, namun tidak secara langsung, tetapi diukur dengan perkiraan berdasarkan indikator. Konstrak adalah dasar untuk membentuk hubungan kausal sehingga mempunyai konsep kemungkinan yang paling representatif.  Konstrak merupakan suatu proses atau kejadian dari suatu amatan yang diformulasikan dalam bentuk konseptual dan memerlukan indikator untuk memperjelasnya. Variabel konstrak laten adalah operasionalisasi suatu konstrak dalam model persamaan struktural, sebuah konstrak laten tidak dapat diukur secara langsung, tetapi dapat dipresentasikan atau ditentukan oleh satu atau lebih variabel (indikator). Indikator tersebut dinamakan variabel manifes. Pengertian variabel manifes adalah nilai observasi untuk bagian spesifik yang dipertanyakan, baik dari responden yang menjawab pertanyaan (misalnya kuesioner) maupun observasi yang dilakukan peneliti. Dalam format kuesioner, variabel manifes tersebut merupakan item-item pertanyaan dari setiap variabel yang dihipotesiskan.
Menurut Raykov & Marcoulides (2000:11), dalam sebuah model SEM, terdapat perbedaan  yang sangat penting antara variabel dependen dan variabel independen dalam model. Variabel dependen adalah variabel yang menerima paling sedikit satu jalur (panah satu arah) dari variabel lainnya dalam model. Variabel independen ditunjukkan dengan adanya anak panah yang keluar dari variabel tersebut, tapi tidak pernah menerima anak panah. Variabel independen dapat berhubungan antara satu dan lainnya (dihubungkan dalam diagram jalur dengan panah dua arah). Variabel dependen dapat juga sebagai variabel independen dengan mematuhi satu variabel, tapi tidak mengubah status variabel dependen. Terdapat paling sedikit satu jalur akhir variabel yang dipertimbangkan sebagai variabel dependen.
Diagram jalur adalah sebuah diagram yang menggambarkan hubungan kausal antar variabel. Pembangunan diagram jalur dimaksudkan untuk memvisualisasikan keseluruhan hubungan variabel yang dihipotesiskan oleh peneliti. Hal ini akan memudahkan saat melihat keseluruhan alur hubungan antar variabel (Yamin & Kurniawan,2009:13).
Menurut Hair (1995) sebagaimana dikutip Yamin & Kurniawan (2009:9) pengertian hubungan kausal adalah hubungan diantara dua atau lebih variabel agar peneliti dapat memperjelas bahwa satu atau lebih variabel itu berhubungan atau menciptakan sebuah hasil yang dipresentasikan oleh sedikitnya salah satu variabel. Harus cocok dengan kualifikasi untuk suatu akibat. Hubungan keterkaitan diantara dua atau lebih variabel dimana seorang peneliti mendefinisikan secara jelas bahwa suatu variabel akan menjadi penyebab bagi variabel lainnya atau mempengaruhi variabel lainnya.

Literatur:
Raykov, Tenko. & Marcoulides, GA. (2000). A First Course in Structural quation Modeling. Mahwah: Lawrence Erbaum Associates Publishers.
Santoso, Singgih. (2011). Structural Equation Modeling (SEM): Konsep dan Aplikasi dengan AMOS 18. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yamin & Kurniawan. (2009). Structural Equation Modeling Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner Dengan Lisrel – PLS. Jakarta: Penerbit Salemba Infotek.