sambutan

selamat datang sahabat.....

Rabu, 23 Mei 2012

Structural Equation Modeling (SEM)


Apa kabar sahabat? Udah cukup lama blog ini gak saya tambah isinya ya…
Saya baru belajar tentang analisis data penelitian dengan metode SEM. Walaupun sedikit, saya ingin berbagi dengan para sahabat. Saat ini pembukaannya dulu ya… Lain waktu akan saya tulis lagi. J Mudah-mudahan saya berkesempatan menulisnya…

Struktural Equation Modelling (SEM)


SEM menurut Hair (1995) adalah evolusi dari model persamaan berganda yang dikembangkan dari prinsip ekonometri dan digabungkan dengan prinsip pengaturan dari psikologi dan sosiologi, SEM telah muncul sebagai bagian integral dari penelitian manajerial dan akademik (Yamin&Kurniawan,2009:3).

SEM bagi para peneliti ilmu sosial memberikan kemampuan untuk melakukan analisis jalur (path) dengan variabel laten. Analisis ini menurut Fonell (1987) sering disebut sebagai generasi kedua dari analisis multivariat. Manfaat utama SEM dibandingkan dengan generasi pertama multivariat seperti principal component analysis, factor analysis, discriminant analysis atau multiple regression, SEM memiliki fleksibilitas yang tinggi bagi peneliti untuk menghubungkan antara teori dan data (Ghozali,2006:1). 

SEM menarik digunakan untuk penelitian perilaku. 

Lain kali insya Allah disambung.... :)