sambutan

selamat datang sahabat.....

Minggu, 12 Juni 2011

Penilaian Akreditasi


Akreditasi Rumah Sakit menurut Kementerian Kesehatan RI adalah suatu pengakuan  yang  diberikan oleh Pemerintah pada Rumah Sakit, karena telah  memenuhi standar yang ditentukan. Pengertian Akreditasi Rumah Sakit menurut ISQua-Accreditation Federation adalah suatu pengakuan publik melalui suatu Badan Nasional Akreditasi Rumah Sakit atas prestasi Rumah Sakit dalam memenuhi standar akreditasi yang dibuktikan melalui suatu assessment pakar sebaya (peer) eksternal yang independen. Di Indonesia dilaksanakan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).  


Dasar hukum :  
  1. 1.     Undang – Undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009,
Pasal 50 ayat (1) Pemerintah dan pemerintah daerah bertanggung jawab meningkatkan dan  mengembangkan upaya kesehatan.
  1. 2.     Undang – Undang Rumah Sakit nomor 44 tahun 2009
               Bagian Ketiga : Akreditasi
   Pasal 40
(1) Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan Rumah Sakit wajib dilakukan akreditasi secara berkala menimal 3 (tiga) tahun sekali.
(2) Akreditasi Rumah Sakit sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh suatu lembaga independen baik dari dalam maupun dari luar negeri berdasarkan standar akreditasi yang berlaku.
(3) Lembaga independen sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh Menteri
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai akreditasi Rumah Sakit sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dan ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri.

Akreditasi merupakan ketentuan yang harus dipenuhi oleh seluruh rumah sakit, baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta yang harus dilakukan secara berkala setiap 3 (tiga) tahun.

Survey akreditasi RS dilaksanakan secara bertahap yaitu :
  • 1.     akreditasi tingkat dasar (5 pelayanan)
  • 2.     akreditasi tingkat lanjut (12 pelayanan)
  • 3.     akreditasi tingkat lengkap (16 pelayanan)
Rumah Sakit dapat memilih utk dilakukan akreditasi 5 atau 12 atau 16 pelayanan sesuai dg kemampuannya. Survey akreditasi 5 (lima) pelayanan wajib bagi Rumah Sakit Kabupaten/Kota.

Lima pelayanan tersebut adalah :
  • 1.     Administrasi & manajemen
  • 2.     Pelayanan Medis
  • 3.     Pelayanan Gawat Darurat
  • 4.     Pelayanan Keperawatan
  • 5.     Rekam Medis
Penetapan status akreditasi RS oleh Dirjen Pelayanan Medis atas rekomendasi dari KARS.
  • ·        RS Gagal : 6 bulan lagi boleh mengajukan akreditasi ulang
  • ·        Akreditasi bersyarat : 1 tahun dilakukan survei ulang, bila memenuhi standar à masa berlaku sertifikat ditambah 2 tahun
  • ·        Akreditasi penuh : berlaku 3 tahun.
Persiapan akreditasi RSUD Bangkinang telah dilakukan mulai tahun 2006. Dengan upaya dan kerja sama tim maka RSUD Bangkinang meminta dilakukan penilaian oleh Dirjen Pelayanan Medis pada tanggal 5 – 7 Agustus 2010. Tim Penilai yang datang ke RSUD Bangkinang adalah : dr. Petrus Maturbong, M. Kes,  dr. Sri Maria Tantri, SpPK dan Agatha C Susanti, S.Kp. Setelah penilaian tim berkesempatan mengunjungi objek sejarah Candi Muara Takus di XIII Koto Kampar.

Acara penutupan Penilaian Akreditasi RSUD Bangkinang



Kunjungan ke Candi Muara Takus